Dukung Lambar Literasi , SDN 1 Purajaya Sulap Halaman Jadi Taman Bacaan - Radarlambar.com | Radar Lambar - Radar Pesbar
>blank
Dukung Lambar Literasi ,   SDN 1 Purajaya Sulap  Halaman Jadi Taman Bacaan

Dukung Lambar Literasi , SDN 1 Purajaya Sulap Halaman Jadi Taman Bacaan

Share This
Tampak para siswa SDN Purajaya Kecamatan Kebuntebu ini memanfaatkan halaman sekolah untuk kegiatan membaca. (Foto Dok)
Radarlambar.com - Sepertinya memang tak salah, SD Negeri 1 Purajaya, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), menyandang predikat sebagai sekolah favorite dikecamatan tersebut.

Bagaimana tidak, dengan tengah gencarnya Bupati Lambar  Hi Parosil Mabsus, S.Pd., menggerakkan ajakan "ayo membaca" (literasi). SD tersebut menjadi salah satu sekolah yang meresponnya dengan menyediakan fasilitas (taman) membaca, ditempat terbuka yakni halaman sekolahan.

Solusi pemanfaatan halaman yang dicetuskan SD itu patut menjadi contoh. Sebagai rangsangan dalam membiasakan anak-anak memanfaatkan waktu untuk aktifitas yang lebih bermanfaat, Sebab pada hakekatnya membaca cenderung dilakukan oleh kalangan masyarakat yang berstatus pelajar maupun anak kuliahan sepertihalnya  siswa-siswa sekolahan.
Sehingga dalam peran serta mendorong program bupati untuk menjadikan Kabupaten Lampung Barat sebagai "Kabupaten Literasi", merupakan satu langkah tepat jika pergerakannya dimulai dari tingkat sekolahan, dengan harapan terus mengular hingga masyarakat umum. Sabagaimana ungkapan Bupati Lambar " Karena Buku Adalah Gerbang Penegtahuan" 
Kepala SDN setempat Dewi Suryani, S.Pd., kepada Radar Lambar, dalam peran sebagai sarana pendidikan, sekolahan tentunya harus siap menjadi garda terdepan dalam membantu dan mengawal program "Pendidikan Hebat" melalui gerakan lambar membaca. Karena sektor pendidikan merupakan pondasi terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, karena gerakan membaca dan menulis merupakan variabel penting yang wajib dilaksanakan.

Karena itu,  melalui taman bacaan sebagaimana yang diterapkan di SD setempat, tentunya wadah dalam memberikan nuansa lain kepada siswa didik supaya lebih gemar membaca. Dimana taman bacaan sejenis saung santai itu dapat dimanfaatkan anak-anak untuk membaca buku ketika jam istirahat.

Pada kesempatan itu Dewi, menyebutkan berkat keseriusan dewan guru dan semangat anak-anak mengikutinya seperti dibidang membaca, SD setempat memeproleh predikat nomor satu dalam pengelolaan perpustakaan yang diumumkan Desember 2017.

Menurut Dewi, capaian yang berhasil raih SD tersebut, tak lepas dari kerja keras komponen warga sekolah mulai dari, dewan guru serta pola pengelola perpustakaan oleh Reza Swarna Dwipa. S.Pus., ditopang semangat belajar anak didik.
"Ini sebagai gerakan yang kami lakukan dalam andil dukungan terwujudnya program pak bupati terhadap literasi," ujarnya.
Dan yang tak kalah pentingnya, kata dia.  Berkat perhatian dan bimbingan nyata yang diberikan bidang Perpustakaan Pemkab Lambar, yang pada tahun ini aja sudah tiga kali berkunjung ke sekolah dengan membawa buku untuk dibaca anak-anak.

"Sebagai dukungan Perpustakaan Pemkab Lambar, setiap hari Rabu mobil perpus akan ke sekolah," tandasnya.  (rinto arius)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad