Sungai Waysemangka Darurat Erosi - Radarlambar.com | Radar Lambar - Radar Pesbar
>blank
Sungai Waysemangka Darurat Erosi

Sungai Waysemangka Darurat Erosi

Share This
Salah satu titik areal persawahan di Pekon  Kerang Kecamatan Batubrak yang telah terkena dampak erosi sungai waysemangka. (foto dok)
BATUBRAK - Aliran Sungai (way) Semangka di Pekon Kerang Kecamatan Batubrak Kabupaten Lampung Barat (Lambar), sudah dalam kondisi darurat erosi (penggerusan). Selain telah merusak sawah milik warga, kini mulai  mengancam permukiman warga setempat.

Karena itu,  warga  meminta kepada pemerintah untuk melakukan normalisasi serta penanganan berupa bronjong, khususnya pada titik-titik yang saat ini sudah terjadi penggerusan parah.


Selain itu, warga setempat juga akan melapor ke Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Provinsi Lampung terkait wacana pemerintah menjadikan wilayah setempat sebagai pusat pertambangan.

Baca Juga: Minggu, Pemkab Lambar Gelar Parade Budaya

Salah seorang warga setempat yang juga seorang lawyers pada Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Lambar, Irwanto, S.H., mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 20 rumah yang telah terancam, karenanya jika tidak ada penanganan secara maksimal dilakukan pemerintah, maka penolakan akan keberadaan galian c di wilayah itu akan terus dilakukan warga setempat.

Baca Juga: PM-MH Rangkul Relawan dan Non-Relawan

"Yang paling  kami harapkan adanya penanganan berupa bronjong dan normalisasi sungai, karena kondisinya saat ini sudah sangat mengancam permukiman penduduk. Dan bisa jadi sepuluh tahun kedepan banyak warga yang kehilangan tempat tinggal, karena lokasi permukiman mereka tergerus sungai yang saat ini sudah semakin parah," kata dia. (nop)

Baca Juga:  Gelar Pasukan Operasi Lilin 2017, Hi. Parosil Bacakan Amanat Kapolri



Selengkapnya Baca Radar Lambar - Radar Pesbar Edisi Cetak Jumat 22 Desember 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad